-->

Apa itu NEET, Hikikomori dan Sejenisnya?

Apa itu NEET? NEET adalah sebutan untuk orang yang tidak bekerja, sekolah, dan malas-malasan. Istilah ini terkenal lebih dulu di Inggris

Ada gak kenalan, teman, kerabat atau tetangga kamu yang sering di rumah tapi kegiatannya hanya main game, makan dan tidur saja alias gak ada kerjaan? 

Kebetulan saya punya banyak temen yang seperti itu. Lebih parahnya lagi, mereka menolak untuk disuruh-suruh. Meskipun, yang menyuruhnya adalah orang tua mereka sendiri.

Orang-orang seperti ini cenderung menghabiskan waktu untuk hal yang tidak bermanfaat, kebanyakan dari mereka tidak memikirkan masa depan.

Mereka seakan-akan ingin hidup damai dan menghambur-hamburkan uang saja, di Indonesia orang-orang seperti ini disebut beban keluarga. Namun, sebutan mereka di luar negeri juga ada lho!

Pengertian NEET

Pengertian NEET
Sumber Gambar: Pixabay.com

Secara singkat, istilah NEET ditujukan untuk orang yang tidak bekerja, sekolah, dan malas-malasan. Istilah ini terkenal lebih dulu di Inggris, namun seiring berjalannya waktu istilah tersebut menyebar hingga ke Jepang, Korsel dan Amrik.

Di jepang sendiri NEET adalah sebutan untuk orang-orang yang berumur 15—34 tahun. Sementara di Inggris, NEET ditujukan untuk remaja berusia 16—18 tahun.

Sedangkan di Indonesia istilah NEET memiliki sebutan lain yakni beban keluarga atau pengangguran, beban keluarga dikategorikan untuk orang-orang yang malas-malasan dan tidak punya pendirian.

Umumnya, NEET disebabkan oleh beberapa faktor seperti lingkungan, keluarga atau keadaan sekitar. Namun, balik lagi kepada pendirian kita masing-masing.

Pengertian Hikikomori

Pengertian Nolep
Sumber Gambar: Pixabay.com

Hikikomori merupakan istilah yang cukup terkenal dari negara Jepang. Akan tetapi, maknanya berbeda tipis dengan NEET. Hikikomori adalah sebutan untuk orang yang sulit bersosialisasi.

Istilah ini ditujukan untuk orang dewasa yang suka mengurung diri di rumah atau tidak pernah keluar rumah, kebanyakan dari mereka lebih canggung untuk berkomunikasi oleh orang sekitar.

Biasanya mereka memiliki sifat pendiam dan tidak banyak bicara, jika kamu sering bertemu dengan orang seperti ini. Alangkah baiknya, kamu ajak berbicara dengan pembahasan yang ringan.

Kemungkinan faktor utama yang membuat orang canggung dalam berkomunikasi adalah masalah yang ia miliki, umumnya mereka tidak terbuka akan masalah yang sedang mereka alami.

Di Indonesia atau negara lainnya, mereka kerap disebut sebagai Nolep atau No Life, Nolep sendiri sering dikaitkan dengan istilah Wibu ataupun otaku.

Kata Penutup

Apa pendapat kalian setelah mengetahui apa itu Nolep, Hikokomori dan Neet. Pastinya merasa iba bukan?, saya sendiri sering memberi nasihat dan menghibur orang-orang yang saya anggap nolep.

Demikian ulasan kita kali ini, jika kamu ada saran atau ide untuk artikel IDNwiki selanjutnya, Kalian bisa mengirimnya melalui email atau berkomentar dibawah ini.